Kamis, 26 November 2015

Resep Kolak Biji Salak Pelangi Menggoda Selera

Kolak biji salak adalah salah satu kuliner atau masakan tradisional yang biasa dihidangkan sebagai menu penutup. Kuliner ini selalu menjadi ikon di Bulan Ramadhan atau Bulan Puasa. Pasalnya, kolak biji salak biasa dihidangkan sebagai menu berbuka puasa. Tidak sekadar kolak biji salak. Kali ini yang akan dibahas adalah resep kolak biji salak pelangi. Presentasinya dibuat menggoda selera karena warnanya sengaja dibuat warna-warni serupa pelangi.

Soal citarasa, kolak biji salak pelangi yang menggoda selera ini tak perlu diragukan lagi. Rasanya manis dan gurih karena juga menggunakan santan seperti resep kolak pada umumnya.

Ada 2 bahan utama yang dapat digunakan untuk membuat kolak biji salak. Yaitu, dengan menggunakan tepung ketan (tengok resep cara membuat biji salak dari tepung beras ketan) atau ubi merah (cara membuat biji salak bekal untuk membuat kolak enak). Kebetulan pada kesempatan ini yang akan digunakan adalah tepung beras ketan putih. Untuk mendapatkan aneka warna pelangi, sengaja menggunakan pewarna makanan.


Bahan untuk membuat kolak biji salak pelangi menggoda selera:
1. 400 gram tepung beras ketan putih.
2. 200 mililiter air dingin.
3. 250 gram tepung sagu.


Bumbu dan pelengkap:
1. 2 sendok makan gula pasir.
2. 1 sendok teh garam.
3. 1 sendok makan larutan air kapur sirih.
4. Air putih secukupnya untuk merebus.
5. Aneka warna pewarna makanan secukupnya.

Bahan dan bumbu untuk membuat kuah:
1. 1 liter santan kental yang dibuat dari 1 butir kelapa.
2. 3 lembar daun pandan, disimpul.
3. 200 gram gula merah yang sudah disisir.
4. 4 sendok makan gula pasir.
5. Garam secukupnya.
6. 1 sendok teh larutan tepung sagu.

gambar: kolak biji salak pelangi menggoda selera

Cara membuat kolak biji salak pelangi menggoda selera:
1. Masukkan tepung beras ketan dan tepung sagu ke dalam wadah untuk membuat adonan biji salak, aduk rata. Tambahkan air putih dingin, garam, gula pasir, dan air kapur sirih, uleni sampai kalis. Bagi adonan menjadi beberapa bagian.
2. Beri masing-masing adonan dengan pewarna makanan yang berbeda, uleni sampai kalis. Ambil adonan secukupnya (sesuai dengan ukuran biji salak yang ingin Anda buat), bulatkan kemudian pipihkan hingga bentuknya mirip dengan biji salak.
3. Rebus air putih sampai mendidih. Masukkan biji salak, masak sampai matang (mengapung), angkat, tiriskan.
4. Rebus santan bersama daun pandan sambil diaduk sampai mendidih, angkat. Sisihkan 400 mililiter untuk membuat saus santan. Rebus kembali 600 mililiter santan tambahkan gula merah, dan gula pasir, masak sambil diaduk sampai larut. Tuangkan larutan tepung sagu, aduk sampai kental dan meletup-letup. Masukkan biji salak, aduk rata, angkat.
5. Rebus kembali 400 mililiter santan dan tambahkan garam, aduk rata dan mendidih, angkat.
6. Pindah ke wadah saji, siram dengan santan, kolak biji salak pelangi menggoda selera siap dihidangkan.

0 komentar:

Posting Komentar