Selasa, 03 November 2015

Resep Puding Jagung Manis Susu Tanpa Santan

Resep Puding Jagung Manis Tanpa Santan Lembut Aroma Jeruk Lemon - Puding jagung merupakan salah satu menu unggulan sebagai makanan penutup atau pencuci mulut yang bercita rasa manis, enak, dan segar, serta wangi aromanya. Cara membuat puding jagung spesial lembut dan halus kali ini diracik dengan bahan-bahan campuran dari jagung manis, susu, dan perasan jeruk lemon yang beraroma khas dan harum.

Cara Membuat Puding Jagung Susu Resep Tanpa Santan
Resep Puding Jagung
Puding jagung dibuat tanpa santan dan menjadi lembut dengan pemakaian kuning telur. Sedangkan untuk tampilan warna yang lebih memikat, kita bisa menambahkan pasta jeruk atau pewarna kuning secukupnya. Tetapi sifatnya hanya opsional saja, karena tanpa kuning memikat juga memiliki rasa yang sangat mumpuni. 

Tak hanya sampai disini, kita juga bisa mengkreasikannya menjadi puding lapis untuk menambah cita rasa yang lebih kaya dan beragam rasa. Variasi puding jagung lapis puding susu santan merupakan kombinasi yang tepat untuk menjadi sajian terfavorit keluarga, bahkan cukup unik dan menarik untuk dijadikan menu arisan, tasyakuran atau acara-acara spesial lainnya.

Selanjutnya, saatnya memilih kreasi yang ingin dicoba, apakah puding jagungnya saja atau beserta puding lapisannya.  Adapun langkah-langkah dalam proses pembuatan masing-masing lapisan puding telah kami rangkum dalam resep puding jagung enak lapis puding susu santan berikut ini.

Bahan Puding Jagung Susu Aroma Lemon
  • 2 buah - jagung manis
  • 700 ml - susu cair murni
  • 1 bungkus - agar-agar putih
  • 1/2 sendok teh - garam
  • 1 sendok makan - pasta jeruk atau sesuai selera
  • 1 buah - jeruk lemon diperas
  • 1 butir - kuning telur
  • sesuai selera - pasta jeruk atau pewarna kuning
    Bahan Puding Susu Santan Wangi Pandan
    • 200 ml - susu cair murni 
    • 500 ml - santan kental dari 1 butir kelapa
    • 100 gram - gula pasir
    • 1 bungkus - agar-agar putih
    • 1 lembar - daun pandan
    • 1/2 sendok teh - garam
    Cara Membuat Puding Jagung Susu dan Puding Santan
    1. Pertama-tama kita rebus dahulu jagung manis dengan air secukupnya supaya empuk dan mudah dipipil. Selanjunya, pipil-pipil biji jagung yang sudah empuk tersebut.
    2. Blender pipilan jagung manis bersama dengan susu cair sampai halus. Angkat dan tuangkan ke dalam panci sambil disaring agar hasilnya halus, masukkan juga agar-agar putih, pasta jeruk, garam, dan air jeruk lemon. Aduk rata kemudian masak dengan api sedang hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
    3. Setelah benar-benar mendidih, ambil dua sendok makan adonan lalu campurkan ke kocokkan kuning telur. Setelah rata, masukkan kembali ke dalam rebusan adonan serta aduk-aduk lagi hingga adonan mengental dan matang.
    4. Matikan api lalu angkat dan tuang adonan ke dalam cetakan sesuai selera masing-masing,  sisihkan dan biarkan hingga setengah beku.
    5. Sementara itu, kita membuat puding susu untuk lapisannya. Campurkan semua bahan puding susu dalam panci kemudian aduk-aduk sampai tercampur rata. Masak adonan tadi sambil diaduk perlahan-lahan sampai benar-benar mendidih.
    6. Matikan api, angkat dan tuangkan adonan tadi ke atas puding pertama yang setengah beku atau tusus-tusuk memakai garpu kecil bila sudah terlanjur membeku supaya saat dikeluarkan dari cetakan, lapisan puding tetap menempel.
    7. Dinginkan ke dalam kulkas dan keluarkan dari kulkas bila sudah beku, puding jagung segar sudah siap untuk disajikan dingin-dingin.

    0 komentar:

    Posting Komentar