Minggu, 27 Desember 2015

Resep Tumis Sosis Putren Pas untuk Bekal di Kantor atau Sekolah

Tumis sosis jagung putren ini sangat pas bila dijadikan untuk bekal makan siang di kantor atau sekolah. Alasannya, resep masakan ini sangat mudah untuk dibuat. Bumbu yang dibutuhkan juga tergolong sangat mudah didapat. Bila di komplek perumahan biasa ada pedagang sayur keliling, Anda tak perlu sudah payak ke pasar tradisional. Dapat dipastikan, mereka menyediakan aneka bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan resep tumis sosis putren ini. Untuk memastikannya, Anda bisa memesan kepada penjualnya sehari sebelumnya. Pasti, mereka mau dipesan untuk membelanjakannya di pasar, tempat biasa dia kulakan. Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repon pergi ke pasar sendiri.

Selain mudah, tak perlu banyak waktu untuk mengaplikasikan resep tumis sosis putren yang pas buat bekal makan di kantor atau sekolah. Pasalnya, bahan yang digunakan tergolong mudah matang. Perlu diketahui, putren adalah jagung yang masih mudah. Biasa juga disebut baby corn. Bahan makanan ini tergolong yang tidak boleh dimasak terlalu lama. Sebab, kalau dimasak terlalu lama (overcook), dikhawatirkan tektur renyahnya akan berkurang. Sedangkan, sosis itu sendiri sebenarnya sudah matang, karena dalam proses pembuatannya dilakukan dengan cara direbus hingga matang. Jadi, tak perlu dimasak terlalu lama. Yang harus dipastikan, ketika menumis bumbu harus sampai matang.


Bahan untuk membuat tumis sosis putren pas untuk bekal di kantor atau sekolah:
1. 5 buah sosis, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera, goreng. Soal rasa sosisnya, Anda bisa menggunakan sosis sapi atau sosis ayam. Hal ini juga berlaku untuk resep tumis sosis jagung manis halal dan sehat dan resep sup sosis campur sayur sehat dan halal.
2. 200 gram jagung putren, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
3. 50 mililiter air putih.
4. Minyak sayur secukupnya untuk menumis.


Bumbu tumis sosis putren:
1. 5 siung bawang putih, iris tipis.
2. 0,25 siung bawang bombay, iris tipis.
3. 2 buah cabai hijau besar, iris serong.
4. 4 buah cabai rawit hijau, iris serong.
5. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
6. 2 sendok makan saus tiram.
7. 0,125 sendok teh kaldu bubuk instan. Rasa kaldu bubuknya disesuaikan dengan rasa sosis yang digunakan.
8. Jahe seukuran 1 sentimter, dimemarkan.


Cara membuat tumis sosis putren pas untuk bekal di kantor atau sekolah:
1. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Tambahkan cabai hijau besar, jagung putren dan cabai rawit hijau, tumis sampai harum.
2. Tuangkan air putih, garam, gula pasir, lada putih bubuk, kaldu bubuk instan, dan saus tiram, aduk sampai meletup-letup dan mengetal.
3. Masukkan sosis, aduk sampai meresap, angkat.
4. Susun di wadah saji, tumis sosis sudah siap dijadikan sebagai bekal bersama resep telur dadar sederhana untuk sarapan menyenangkan dan resep kroket kentang isi sayuran sehat & ekonomis.

Resep tumis sosis putren pas untuk bekal di kantor atau sekolah ini cukup untuk 4 porsi.

0 komentar:

Posting Komentar