Senin, 21 Desember 2015

Segudang Manfaat Olive Oil untuk Persidiaan di Dapur

Olive oil adalah jenis minyak yang dibuat dari buah zaitun (oela europaea). Pohon buah ini tumbuh subur di wilayah mediterania. Kabarnya, pohon ini bisa tumbuh hingga lebih dari 500 tahun di habitat aslinya. Bila masih mentah, buah zaitun berwarna hijau. Warnanya akan berubah menjadi kemerahan bila sudah masak.

Olive oil atau minyak dari buah zaitun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain kerap digunakan untuk memasak, buah ini juga dimanfaatkan untuk kepentingan dunia kesehatan dan kecantikan. Kandungan zat alamiah yang ada di dalam olive oil diyakini sangat bermanfaat buat kesehatan. Pasalnya, olive oil banyak mengandung lemak tak jenis. Yaitu, asam oleik dan polifenol.

Tak ayal bila penggunaannya di dalam dunia kuliner diyakini lebih menyehatkan, ketimbang minyak sayur. Salah satunya untuk urusan tumis-menumis. Olive oil atua minyak zaitun lebih disarankan untuk menumis. Selain lebih menyehatkan, cita rasa masakan juga akan lebih lezat. 


Begitu banyak aneka resep makanan yang dimasak dengan teknis menumis. Misalnya, resep tumis sosis jagung manis halal dan sehat, resep tumis buncis wortel sederhana, atau resep tumis wortel dan bakso enak menyehatkan.

Selain untuk urusan tumis-menumis, keberadaan minyak zaitu juga sangat dibutuhkan ketika kita hendak membuat salad. Ketimbang menggunakan minyak sayur, minyak zaitun lebih dianjurkan digunakan untuk membuat dressing dari aneka salad. Mulai dari salad sayar hingga buah. Misalnya, resep salad sederhana segar aneka sayur, resep salad kentang mayones halal cocok buah diet, maupun resep salad ala Pizza Hut (sehat & halal).

Ilustrasi olive oil.

Tak hanya tumis-menumis dan salad, kita juga menambahkan olive oil ke dalam aneka masakan lain. Dengan begitu, setiap makanan akan memiliki aroma serta cita rasa yang lebih enak dan lezat. Hanya saja, olive oil memang dibandrol dengan harga yang relatif lebih mahal, ketimbang jenis minyak sayur maupun minyak wijen yang sering juga digunakan untuk kebutuhan dapur. Semua bergantung pada pilihan Anda. Yang jelas, penggunaan olive oil untuk urusan dapur memiliki peranan yang cukup penting bila kita ingin membuat masakan yang lebih enak dengan aroma yang sedap.

0 komentar:

Posting Komentar