Jumat, 15 Januari 2016

Resep Puding Susu Sutra (Silky) Lapis Vla

Resep Puding Susu Sutra - Silky pudding ala puyo lava atau puding bertekstur nan lembut seperti sutra dengan lapisan vla ini merupakan kreasi resep puding susu sederhana yang dapat kita sajikan sebagai hidangan dessert atau pencuci mulut yang menggugah selera. Tekstur yang sangat lembut dikarenakan puding ini terbuat dari susu sebagai bahan utama puding, sedangkan kombinasi lapisan vla susu yang juga sederhana untuk memberikan variasi rasa sehingga perpaduan keduanya sangat enak dan pas di lidah dengan sensasi lumer di mulut.

Cara Membuat Puding Susu Sutra Resep Vla Lembut
Resep Puding Susu Sutra dengan Vla
Walaupun sangat lembut, tetapi karena terbuat dari agar-agar nutrijell tetap bertekstur kenyal maka jika dibalikkan tidak serta merta hancur, sedangkan saat tersentuh sendok akan terasa sangat lembut apalagi saat masuk di mulut tak perlu repot mengunyah. Akan tetapi cara membuat puding susu sutra ini sebaiknya dibikin dalam cup atau gelas karena ada lapisan vla di tengahnya.

Memang perlu keuletan dan kehati-hatian saat menuangkan vla dan adonan puding lapisan atas agar tampil mulus atau tidak tercampur, apabila ingin lebih praktis tinggal dicetak menggunakan cetakan kecil, cup atau gelas lalu sirami dengan vla di atasnya karena rasanya juga tetap sama, meskipun berbeda pada tampilan dan sedikit berbeda sensasi saat menikmatinya.

Bahan Puding Susu Sutra
  • 1 bungkus - nutrijel aneka rasa (rasa strawberry)
  • 100 gram - gula pasir
  • 2 sendok makan - tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
  • 1 liter - susu cair
Bahan untuk vla (bisa gunakan vla instan) :
  • 300 ml - susu cair
  • 4 sendok makan - gula pasir
  • 3 sendok makan - tepung maizena dilarutkan dengan sedikit air
Cara Membuat Puding Susu Sutra
  1. Siapkan panci, campurkan gula pasir, nutrijel, larutan maizena dan susu, lalu aduk rata sehingga tidak ada yang menggumpal. Masak adonan puding tersebut dengan menggunakan api sedang, sambil terus diaduk-aduk sampai mendidih.
  2. Bagi adonan puding menjadi dua bagian, adonan pertama tuang ke dalam cup atau gelas sepertiga hingga setengah isi atau sesuai selera lalu biarkan mengeras.
  3. Siapkan panci kecil, tuang susu cair, gula pasir dan larutan tepung maizena. Aduk rata lalu masak di atas api sedang sambil terus diaduk-aduk sampai meletup-letup dan mengental. Angkat dan tuang dalam masing-masing cup puding dengan perlahan di atas lapisan pertama tadi.
  4. Panaskan setengah adonan puding tadi di atas api kecil supaya encer kembali, biarkan sebentar agar uap panasnya hilang. Tuang ke atas lapisan vla dengan hati-hati, simpan dalam kulkas serta biarkan dingin dan membeku. Keluarkan dari kulkas dan siap untuk dinikmati selagi dingin.

0 komentar:

Posting Komentar