Selasa, 26 Januari 2016

Resep Wedang Jahe Rempah Gula Merah Praktis

Resep Wedang Jahe Rempah Praktis - Wedang jahe atau sebagian menyebutnya teh jahe adalah variasi minuman hangat yang kerap kali sering dijajakan di warung-warung/angkringan di pinggir jalan. Di daerah sunda, wedang jahe lebih dikenal dengan sebutan bandrek yang terkadang dicampur dengan parutan kelapa.

Selayaknya teh, wedang jahe rempah kali ini sangat enak bila dinikmati di malam hari atau lagi bersantai. Apalagi di musim penghujan dengan cuaca yang dingin sangat ampuh diminum sebagai penghangat tubuh. Wedang jahe berempah biasa dikombinasikan dengan gula jawa dan serai (sereh), sehingga rasanya akan semakin nikmat dan menambah sensasi aroma yang khas.

Selain sebagai bumbu masakan, jahe juga terkenal sebagai bahan obat-obatan karena banyak manfaat dan kegunaanya. Wedang jahe biasa dipadukan dengan aneka bahan lainnya, seperti kayu manis, madu, susu, kencur, bahkan santan. Selain itu juga jahe bisa divariasikan dengan cara dibakar lalu ditumbuk (digepuk) yang populer dengan istilah wedang gepuk.

Pada kesempatan kali ini, kita akan bagikan cara sederhana membuat wedang jahe asli buatan sendiri di rumah sebagai minuman berkhasiat yang bisa langsung memberikan rasa yang rileks atau meminimalisir rasa lelah. Cara membuat wedang jahe kali ini sangatlah mudah dan praktis, hanya menggunakan bahan-bahan sederhana.

Cara Membuat Wedang Jahe Rempah Resep Gula Merah
Bahan dan Langkah-langkah Membuat Wedang jahe
  • 10 cm - jahe dikupas lalu cuci hingga bersih, geprek
  • 200 gram - gula jawa
  • 1 batang - serai, ambil tengahnya dimemarkan
  • 1 sendok makan - cengkeh
  • 10 butir - kapulaga
  • 1 liter - air
Cara Membuat Wedang Jahe Rempah Gula merah
  1. Rebus air dalam panci, masukkan semua bahan sambil diaduk hingga air menyusut dan tersisa sekitar 2 gelas atau berubah menjadi berwarna kecoklatan dengan kepekatan sesuai selera. Matikan api kemudian angkat dan saring.
  2. Hidangkan selagi hangat dengan tambahan susu jika ingin membuat wedang jahe susu.

0 komentar:

Posting Komentar