Jumat, 12 Februari 2016

Resep Sirup Belimbing Wuluh Minuman Segar

Resep Sirup Belimbing Wuluh - Belimbing sayur yang dikenal juga dengan sebutan belimbing wuluh adalah jenis buah yang biasanya digunakan oleh para ibu untuk melengkapi bumbu dapur, rasanya yang asam segar dapat memperkuat karakter cita rasa dalam aneka macam olahan masakan.

Selain sebagai bumbu masakan alami, belimbing wuluh juga terkenal sebagai obat-obatan herbal, dikarenakan banyaknya manfaat dan kegunaan bagi kesehatan tubuh kita. Pada kesempatan ini, olahan belimbing wuluh kita kreasikan menjadi sebuah minuman sehat yang segar berkhasiat.

Penggunaan campuran bahan pada cara membuat sirup belimbing wuluh ini sangatlah sederhana. Akan tetapi setelah mencoba, kita akan merasakan kepuasan tersendiri karena keunikan cita rasanya yang enak dengan sensasi yang sangat menyegarkan.

Oleh karena kaya manfaat dan berkhasiat, sirup belimbing wuluh juga banyak yang menjualnya. Untuk membuat sendiri atau versi homemadenya bisa mencoba resep sirup belimbing wuluh berikut ini.

Bahan Membuat Sirup Belimbing Wuluh
  • 800 gram - belimbing wuluh segar
  • 500 gram - gula pasir
  • 1 sdm - garam dilarutkan dengan air 100 ml
  • 1 sdt - kapur sirih dilarutkan dengan 50 ml air
  • 2 liter - air
Cara Membuat Sirup Belimbing Wuluh
  1. Cuci bersih belimbing wuluh, buang ujungnya yang berhubungan dengan tangkai/gagang, kemudian tusuk-tusuk dengan garpu sampai memar lalu rendam dengan larutan air garam lebih kurang 1 jam.
  2. Setelah itu cuci bersih belimbing wuluh sampai garam hilang, lalu rendam belimbing wuluh ke dalam larutan air kapur sirih selama 12 jam, cuci bersih kembali belimbing wuluh sampai bekas air kapur hilang.
  3. Siapkan panci, rebus gula pasir bersama air sampai gula larut. Masukkan belimbing wuluh, masak sampai belimbing lunak dan hancur tetapi air gula belum begitu mengental agar mudah disaring. Angkat belimbing wuluh dan tiriskan, sedangkan air rebusan gulanya disaring pakai kain saringan agar sirup menjadi bersih dan jernih.
  4. Panaskan lagi sisa air belimbing wuluh tadi hingga benar-benar matang sampai agak mengental, angkat lalu biarkan dingin atau sampai uap panasnya hilang. Masukkan sirup dalam botol, gelas atau wadah lainnya, tutupi dengan rapat bila ingin disimpan supaya awet.
  5. Sirup belimbing wuluh siap untuk dihidangkan hangat, lebih segar kalau diminum dingin dengan campuran es batu atau simpan sebelumnya dalam kulkas.

0 komentar:

Posting Komentar